Search

Tingkatkan Kebersamaan Bernagari, Leadership Camp Parik Paga Nagari Aua Kuniang


Payakumbuh --- Untuk meningkatkan rasa kebersamaan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia anak nagari, digelar kegiatan Leadership Camp Parik Paga Nagari Aua Kuniang yang mengambil tempat di Grand Punago, Nagari Sungai Kamyuang, Kecamatan Luak, Kabupaten Limapuluh Kota.


Kegiatan anak nagari yang diisi dengan ajang outbond, serta penyampaian materi tentang kepemimpinan, kepemudaan di zaman IT, dan komunikasi organisasi ini digelar selama dua hari, Sabtu dan Minggu, 18-19 Mei 2024.


Atas inisiatif dari dua karang taruna kelurahan, Sawahpadang Aua Kuniang dan Kapalo Koto Ampangan, hadir kurang lebih 40 orang pemuda dan pemudi dalam kegiatan bertema "pemuda bangkit dan bergerak, menjadi pemuda yang kreatif, inovatif, dan mandiri" itu.


Dalam laporannya, Ketua Panitia Iqbal Wahyu Adha menyampaikan kegiatan ini digelar dengan latar belakang rasa kepedulian pemuda kepada nagari, bagaimana nanti setelah diberi pembekalan dalam leadership camp ini, ada hal-hal baru yang bisa dihasilkan nantinya oleh parik paga nagari, salah satunya pembentukan Kelompok Sadar Wisata.


"Kami memiliki bagaimana nagari menjadi ramai oleh kegiatan kepemudaan, kedepan kita akan menyongsong itu dan penting rasanya untuk menyamakan persepsi kita bersama terlebih dahulu sebelum kita melangkah lebih jauh lagi," ujarnya.


Menanggapi hal tersebut, Ketua Parik Paga Nagari Busra Algeri berharap dengan adanya Leadership Camp untuk jilid 1 ini, akan memberikan dampak positif bagi kebersamaan anak nagari kedepannya.


"Silaturahmi kita terus terjaga, ini menjadi kunci awal untuk semangat kita bersama-sama membangun Nagari Aua Kuniang untuk lebih maju," katanya.


Senada, Ketua Bundo Kanduang Aua Kuniang Asmarini menyampaikan wejangan di dalam kehidupan bernagari setiap orang di nagari itu bertali-tali, artinya mereka saling terhubung satu sama lain, apalagi karena hubungan kekeluargaan yang terjalin antar kaum yang ada. Makanya, keterikatan mereka satu sama lain itu harus terus diperkuat dengan baik.


"Kami mengajak anak-anak muda membangkitkan kembali semangat di nagari untuk berkegiatan yang positif, kalau pemuda nagari perlu wadah buatlah sesegera mungkin, kami dari bundo kanduang siap memberikan dukungan untuk pemuda berkegiatan, kami yakin anak-anak kami pasti bisa," ungkapnya.


Sementara itu, Ketua KAN Aua Kuniang Bujang M Nur Dt. Paduko Marajo menyampaikan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam meraih sebuah pencapaian, maka perlu kegigihan untuk mengupayakan segala sesuatunya, termasuk mempersiapkan kualitas diri.


"Kami mendukung rencana anak nagari untuk membuat program-program nyata yang positif bagi nagari, apakah itu dengan iven kebudayaannya maupun kepariwisataan yang bisa dikelola untuk memajukan nagari kita," ujarnya.


Dari sisi narasumber yang hadir pada kegiatan tersebut, YB. Dt. Parmato Alam selaku Ketua LKAAM Kota Payakumbuh menyampaikan materi kepemimpinan di hadapan anak Nagari Aua Kuniang, yang menyampaikan pesan agar mampu mencetak pemimpin-pemimpin hebat, seorang pemuda harus mampu memimpin dirinya sendiri terlebih dahulu, karena tahap demi tahap proses memimpin ranah yang lebih tinggipun akan dilalui.


"Melalui kegiatan Leadership Camp ini, diharapkan nanti lahir calon-calon pemimpin hebat yang akan memajukan nagari dan daerah, dan nama Nagari Aua Kuniang akan harum dengan kemampuannya mencetak pemimpin-pemimpin dan diplomat yang hebat," pungkasnya. (FS)