Search

Olah Lahan Kritis Menjadi Super Produktif



Oleh:Dr. Silvia Permata Sari, SP., MP.
Dosen Fakultas Pertanian, Universitas Andalas   

Bahan-bahan yang dimanfaatkan adalah bahan yang ada disekitar lingkungan kita seperti sampah rumah tangga dimana yang biasa menjadi sebuah masalah untuk saat sekarang ini kita manffatkan sebagai pupuk. Pengolahannya dengan cara bantuan larva (makot) yang dapat membantu proses limbah yang kita olah menjadi pupuk agar lebih cepat digunakan. Selain sampah rumah tangga kita juga menggunakan kotoran kelinci yang diuraikan dan urine kelinci rumah tangga sebagai pupuk organic cair yang dapat bermanfaat sebagai proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

Hasil dari pupuk sampah dan kotoran kelinci dimanfaatkan sebagai tanaman pupuk tanaman anggur yang berada didepan rumah. Tanaman anggur yang ditanam tumbuh dengan baik dan subur. Sistem pembuatan yang digunakan yaitu singlecordon. Salah satu treatment yang digunakan untuk mengatasi batang yang telah menua yaitu dengan menggunakan pupuk organic yang berasal dari kotoran kelinci dan pupuk organic cair yang berasal dari urine kelinci.

Selain itu, lebah madu juga termasuk yang dapat kita kembangkan Dimana lebah ini dapat membantu penyerbukan terhadap bunga-bunga tanaman. Selain itu dia juga dapat memperoduksi madu yang dapat kita ambil dan kita manffatkan. Lebah madu ini juga dapat memaksimalkan proses pembuahan. Jadi kebutuhan keberadaan lebah madu ini yaitu untuk memaksimalkan pada proses penyerbukan bunga untuk proses pada buahnya.

Dengan adanya bantuan penyerbukan bunga oleh lebah madu maka kenaikan produksi buahnya dapat signifikan. Selain menanam tanaman buah, kita juga dapat menanam berbagai jenis sayur dengan membudidayakan menggunakan sistem aquaponic. Sistem aquaponic ini menghubungkan antara sistem hidpronik dengan konsep aquakultur atau pembudayaan air ikan. Pupuk dari tanaman ini berasal dari unsur hara mikro yang berada di dalam air yang berasal dari kolam ikan.

Tanaman ini menyerap unsur hara mikro yang berasal dari kotoran ikan dan sisa-sisa makanan untuk pertumbuhan tanaman. Sebaliknya, keuntungan bagi ikan ialah tanaman meproduksi oksigen, oksigen yang dirpoduksi oleh tanaman ini kemudian dibawa oleh aliran air yang Kembali lagi dalam kolam, sehingga ikan yang hidup didalam kolam menjadi lebih sehat dan pertumbuhannya maksimal.