Search

Niniak Mamak 9 4/4 Nagori Koto Nan Godang Dukung Isnaldi Muhammad Dini Maju di Pilkada 2024


Payakumbuh,- Isnaldi Muhammad Dini, salah satu nama yang mencuat untuk kandidat calon walikota Payakumbuh di pilkada Serentak 2024. Isnaldi merupakan salah seorang tokoh muda dari Nagari Koto Nan Godang kecamatan Payakumbuh Utara Kota Payakumbuh. 

Sabtu 20/4/24 bertempat di istano Dt Mangun Pasukuan Simabua Balai Baru Kelurahan Kapalo Koto Diateh Payakumbuh Utara digelar pertemuan dalam rangka menjalin silaturahim Niniak Mamak 9 4/4 Nagari Koto Nan Godang dengan Isnaldi Muhammad Dini

Kegiatan silaturahim tersebut dihadiri oleh Niniak mamak Suku 9 4/4 diantaranya Datuak Mangkuto Dirajo, Datuak Mangkuto Nan Kuniang, Datuak Simarajo Mamanjuik Nan Hitam, Datuak Gindo Simarajo Lelo, Datuak Pangulu Bosa Nan Sati, Datuak Paduko Tuan dari Pasukuan Koto dan Guci. 

Dari Pasukuan Tanjuang Payobadar Datuak Gindo Marajo, Datuak Gindo Simaarajo Nan Sati, Datuak Madu Anso, Datuak Mangkuto Marajo Nan Hitam, Datuak Mansoik Kali Robun Joli, Datuak Majo Indo Nan Mamangun.  

Dari pasukuan Sipisang Simabua Datuak Rajo Indo Bosa, Datuak Rajo Banso Nan Mangiang, Datuak Rajo Simarajo, Datuak Simarajo Nan Sati, Datuak Rajo Muntiko Alam. 

Dari Pasukuan Dalimo, Piliang, Paga Cancang Datuak Bosa Nan Pandak, Datuak Rajo Malano, Datuak Paduko Tuan Nan Panjang, Datuak Eno Dirajo, Datuak Maradau Anso, Datuak Sindo Nan Bagonjong. 

Pertemuan tersebut juga dihadiri oleh Dubalang Ompang Sambilan dan juga disaksikan oleh Niniak Mamak Korong Kampuang diantaranya Datuak Bijo Kakomo, Datuak Sinaro Nan Putiah, Datuak Tungkek Omeh, Datuak Pangulu Sati Nan Kuniang dan Pono Dirajo. 

Pada pertemuan tersebut Isnaldi didepan para pemangku adat/Niniak Mamak mengutarakan niatnya untuk maju sebagai calon Kepada Daerah di Kota Payakumbuh. 

Tentu untuk maju di Pilkada Kota Payakumbuh saya  butuh dukungan dan dorongan semangat dari para Niniak Mamak 9 4/4 serta niniak mamak Korong Kampuang, kata Buya Isnaldi Muhammad Dini saat menyampaikan niat dan sekaligus memperkenalkan diri dihadapan para niniak mamak tersebut. 

Niat baik Buya Isnaldi tersebut mendapat sambutan positif dari para niniak mamak yang hadir di pertemuan tersebut. 

Niniak mamak Suku 9 4/4 Nagari Koto Nan Godang, Kecamatan Payakumbuh Utara menyatakan Kesepakatan “Bulek Sagolek”  mendukung anak kamanakan dari pasukuan 9 4/4 tersebut untuk maju pada Pilkada Kota Payakumbuh Tahun 2024 ini.

Membersamai pula Niniak Mamak sekaligus Tokoh masyarakat Nagari Koto Nan Gadang seperti Heri Iswandi Datuak Rajo Muntiko Alam, Datuak Mangkuto Marajo Nan Hitam,  Bundo Kanduang, alim ulama, anak kamanakan serta deretan tokoh-tokoh Nagari Koto Nan Gadang lainnya.

“Ada anak kamanakan kami yang  akan  menjadi pucuak undang, menjadi pemimpin orang nomor 1 di Kota Payakumbuh. Karena itu, kami Niniak Mamak Suku 9 4/4 Nagari Koto Nan Godang sepakat untuk mengantarkan anak kamanakan menuju kesana. 

Niat baik Isnaldi Muhammad Dini harus didukung bersama,”ujar Datuak Gindo Simarajo Sati dari Tanjuang, Datuak Majo Indo Nan Mamangun dari Payobadar serta Datuak Eno Dirajo dari Picancang.

Hal yang sama juga dikatakan Datuak Rajo Muntiko Alam, katanya  Suku 9 4/4 Nagari Koto Nan Godang “Bulek Sagolek” sudah bulat untuk mendukung Buya Isnaldi Muhammad Dini untuk maju sebagai calon Walikota Payakumbuh periode 2024-2029. Dengan berbagai prestasi dan rekam jejak  putra Koto Nan Gadang ini, kami yakin Isnaldi mampu melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan serta membangun Payakumbuh yang lebih baik dimasa yang akan datang.  

Sementara, Isnaldi Muhammad Dini yang merupakan Dewan Pembina Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) serta Pengurus Kadin Indonesia ini sangat terharu atas dukungan Niniak Mamak Suku 9 4/4 Nagari Koto Nan Godang terhadap dirinya yang akan maju sebagai calon Walikota Payakumbuh mendatang. 

Bahkan, Ketua Gabungan Perusahaan Perkebunan Indonesia (GPPI) ini sempat meneteskan air mata dihadapan Niniak Mamak Suku 9 4/4 Nagari Koto Nan Godang atas kebulatan tekad niniak mamak tersebut untuk dirinya. 

“Terima kasih sebesar-besarnya saya haturkan kepada Niniak Mamak Suku 9 4/4 Koto Nan Godang atas dukungan dan do’a restu ini. Kebulatan tekad dan kesepatakan bersama niniak mamak ini sangatlah berarti untuk meneguhkan langkah perjuangan ini,”ujar Buya Isnaldi.

Dihadapan niniak mamak, Isnaldi Muhammad Dini yang juga Wakil Ketua Umum Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI Indonesia) ini menceritakan kisah hidupnya yang terlahir dari rahim seorang ibu dari Koto Nan Gadang hingga sukses di tanah rantau. 

“Saya lahir  di Koto Nan Gadang. SD disini, kemudian melanjutkan Pendidikan ke Pondok Pesantren Perguruan Thawalib Padang Panjang, kuliah  di LIPIA Jakarta, Universitas Indonesia dan kemudian beraktivitas sebagai pelaku usaha di Jakarta. Sejak kecil, perjalanan hidup ini tak pernah lepas dari bantuan, dukungan dan doa masyarakat Nagari Koto Nan Gadang. Sekarang kembali ke kampung halaman, siap mengabdi untuk Kota Payakumbuh. Insha Allah,”ujar Buya Isnaldi lagi. (*)