Search

Supardi SH Buka Payakumbuh Poetry Festival Ke 4

Payakumbuh, - Supardi SH ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat buka kegiatan Payakumbuh Poetry Festival ke 4. Kegiatan yang di hadiri para seniman dan budayawan dalam dan luar negeri tersebut di gelar dari tanggal 4 sampai 6 Oktober 2023 di Agam Jua Cafe and art. 

Supardi SH dalam sambutan sebelum membuka secara resmi kegiatan PPF Rabu 4/10/23 malam mengatakan bahwa dia berkeinginan agar dengan semaraknya kegiatan festival seni dan budaya yang masif di Kota Payakumbuh dapat menarik perhatian baik dari wisatawan lokal maupun mancanegara.

“Saat ini, Payakumbuh masih menjadi pusat seniman. Banyak budayawan dan seniman besar yang lahir dan mencatat sejarah di Payakumbuh. Oleh karena itu, dengan semangat kegiatan seni dan budaya seperti ini, diharapkan dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun internasional untuk mengunjungi daerah kita dan mengenal serta mempelajari kebudayaan yang ada di sini,” tandasnya.

Supardi juga berharap untuk PPF 5 tahun depan bisa lebih semarak lagi. Kegiatan PPF ke 5 harus bisa mandiri. Tidak lagi menyusu atau berharap bantuan dari pemerintah. Hal ini bisa dilaksanakan. kata Ketua DPRD Provinsi Sumbar ini. 

Kegiatan ini dihadiri 3 penyair dari luar negeri dan 10 dari dalam negeri. selain lomba puisi, pertunjukan puisi modern dan tradisional, dialog, wisata sastra, rantak puisi juga akan dilaksanakan kunjungan ke sekolah-sekolah oleh pembicara yang hadir.

Robby, salah seorang dari panitia kegiatan kepada awak media mengatakan bahwa PPF terus mengembangkan programnya dari tahun ke tahun.

Salah satu inovasi adalah pengenalan program buku pilihan PPF tahun 2023 dan penyelenggaraan wisata sastra, termasuk kunjungan ke lokasi-lokasi terkait sastra, serta eksplorasi wisata adat dan potensi alam setempat.

Setelah pembukaan, PPF memulai dengan memutar Puisi Visual karya Finalis Lomba Puisi Visual tahun 2023.

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar diwakili Kabid Pengembangan Ekonomi Kreatif, Dyah menyebutkan bahwa Payakumbuh Poetry Festival (PPF) Se-Asia Tenggara tahun 2023 merupakan usulam (POKIR) ketua DPRD Sumatera Barat yang diharapkan menjadi wadah saling tukar informasi dan berbagi pengalaman, serta menambah kecintaan terhadap seni dan sastra.

” Kegiatan ini merupakan usulan Ketua DPRD Sumbar untuk menjadikan Payakumbuh Kota Wisata seni dan sastra, juga menjadi wadah saling tukar informasi dan berbagi pengalaman, serta menambah kecintaan terhadap seni dan sastra.” Ujarnya

Sementara itu, Pj. Walikota Payakumbuh yang diwakili oleh Staf Ahli, Elvi Jaya, memberikan apresiasi atas PPF dan mengucapkan terima kasih kepada Ketua DPRD Sumbar yang telah memberikan dukungannya terhadap festival ini.

“Kami memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Bapak ketua DPRD Sumatera Barat yang melaksanakan (POKIR) kegiatan besar ini di Kota Payakumbuh,” ucapnya.

Seniman atau pembicara yang hadir dalam PPF tahun 2023 ini, diantaranya Tulayan (Filipina), Rosanne Nurfarida (Thailand) serta Ng Yi-Sheng (Singapura) sementara seniman Nasional diantaranya Adri Sandra, Irmansyah, Iyut Fitra (Sumbar), Isi Sulistyo (Mataram), Isas sadewo (Medan), Jaka Jono (Jawa) dan dari Denpasar, Lampung. 

Juga tampak hadir dalam acara tersebut Ananda sukarlan seorang pianis terkenal Indonesia. 

Dalam kegiatan tersebut, juga tampak kehadiran Ketua DPRD Limapuluh Kota, Deni Asra, serta sejumlah OPD di lingkungan Pemko Payakumbuh dan Pemkab Limapuluh Kota