Search

Dinas Kebudayaan Sumbar Gelar Lomba Penyanyi Minang di Payakumbuh

Payakumbuh, -Dalam rangka memperingati hari musik Nasional dan melahirkan penyanyi minang terbaru, Dinas Kebudayaan Sumatera Barat gelar lomba penyanyi Minang. kegiatan ini di adakan di Kota Payakumbuh selama dua hari. 

Dari 19 kota kabupaten yang ada di Ranah Minang,  Dinas Kebudayaan Sumbar lebih memilih Kota Payakumbuh sebagai tuan rumah Lomba Penyanyi Minang.

Lomba yang juga bertujuan mengangkat budaya Minang melalui lagu ini di gelar di Agam Jua Cafe Payakumbuh. Acara dibuka Langsung Kepala Dinas Kebudayaan Sumatera barat Syaifulllah didampingi Supardi SH ketua DPRD Sumbar, Elvi Jaya Asisten Walikota hadir mewakili PJ Wako Payakumbuh pada Selasa 30/5/23 siang. 

Sebanyak  47 peserta dari seluruh daerah tingkat II di Sumbar ikut unjuk kebolehan untuk jadi yang terbaik dalam menyanyikan lagu Minang.

"Lomba nyanyi ini sebagai bentuk membangkitkan lagi budaya Minang melalui seni lagu kepada generasi muda. Ini juga dalam rangka meriahkan Hari Musik Nasional," ujar Syaifullah Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar saat membuka Lomba  Penyanyi Minang tersebut.

Pemprov Sumbar, terutama Dinas Kebudayaan sangat berterimakasih kepada Ketua DPRD Sumbar Supardi yang memiliki perhatian tinggi dan mensupport penuh terselenggaranya lomba penyanyi Minang tersebut.

"Pak Ketua DPRD memiliki perhatian tinggi dalam meriahkan kembali lagu-lagu Minang. Sudah banyak legendaris penyanyi  Minang ini berpulang. Karena itu perlu generasi muda sebagai penerus budaya ini," katanya lagi.

Sedangkan Ketua DPRD Sumbar Supardi mengatakan, generasi muda saat ini sudah mulai berpindah ke lagu-lagu pop nasional. Sehingga, lagu Minang terkesan ditinggalkan. Karena itu perlu dilakukan penguatan-penguatan kepada generasi muda untuk mengenalkan kembali, untuk menghidupkan kembali budaya Minang melalui nyanyian tersebut.

"Mudah-mudahan, kedepan lahir bibit-bibit penyanyi Minang dalam mempertahankan budaya kita ini," ujar Supardi. 

Sementara Asisten Walikota Payakumbuh Elvi Jaya mendukung penuh penyelenggaran lomba penyanyi Minang yang dipusatkan di Kota Payakumbuh. Katanya, hal tersebut setidaknya sudah menjadi promosi tersendiri bagi Kota Payakumbuh.

"Kuliner Payakumbuh enak-enak, kotanya juga sejuk. Kami senang Payakumbuh bisa jadi tuan rumah dalam iven skala Sumbar," ujarnya.