-->
7jV8Go9rTqyfOqOLD0Rj3Gn1IrJt9wpFwJEk2sYv

Ka. Kankemenag Kab. Solok Hadiri Wisuda Tahfizh Kelas XII MAN 1 Solok


Kabupaten Solok,  - MAN 1 Solok Plus Keterampilan atau yang lebih dikenal dengan MAN Koto Baru Solok melakukan wisuda tahfizh kelas XII bersamaan dengan acara pelepasan secara resmi di kampus MAN 1 Solok, Sabtu (18/03/23)

Wisuda Tahfizh dipandu langsung oleh koordinator tahfizh MAN 1 Solok, Sri Novembril Rozanti, S.E.

"Dari 202 santri kelas XII, ada 10 orang santri yang memperoleh nilai mumtaz, terbaik 1 adalah Aini Trigiana dengan hafalan 5 juz," ujar Sri Novembril.

Baca Juga: Potang Balimau Kembali Digelar

Dalam sambutannya, Kepala MAN 1 Solok PK menyampaikan bahwa 10 orang terbaik dari kelas XII yang diwisuda itu adalah santri yang sudah hafal 3-5 juz, selebihnya baru1-2 juz.

"Belum tercapai semua sesuai dengan target, Pak Kemenag," ujarnya melaporkan kepada Ka. Kankemenag Kab. Solok

Dalam sambutannya, Ka. Kankemenag Kab. Solok, H. Zulkifli, S.Ag., M.M menyampaikan bahwa untuk madrasah wajib memiliki hafalan al-Qur'an ketika tamat. Tingkat MI 1 juz, MTs 2 juz, dan MAN 3 juz.

"Tamatan madrasah itu harus memiliki hafalan al-Qur'an, mampu berkhutbah bagi laki-laki, bisa pidato bagi perempuan, mampu menjadi imam dan imam shalat jenazah," ujar H. Zulkifli

"Kami meminta kepada orang tua/wali santri untuk terus mengkawal bagaimana di perguruan tinggi nanti mereka bisa menjadi penghafal-penghafal al-Qur'an yang handal, menjaga iman dan ibadah dengan kuat. Agar 10-15 tahun yang akan datang mereka menjadi pemimpin yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT," harapnya

Ia melanjutkan bahwa untuk mewujudkan generasi Qur'ani masyarakat madani dengan 2 kunci, yaitu mampu memadukan antara konsep pikir dan zikir. 

"Intelektualnya bagus, ilmunya hebat, dan jangan lupa isi dadanya dengan zikir kepada Allah. Sehingga perlu dikawal aqidah, ibadah dan akhlaknya," ujarnya

Kepala Asrama MAN 1 Solok PK, Hj. Endry Yeni, S.Pd mengucapkan selamat kepada santriwati kelas XII asrama yang berhasil menuntaskan hafalan selama 2 tahun di asrama, karena mereka masuk ke asrama sudah kelas XI.

"Santriwati asrama kelas XII ada 15 orang, 4 orang dari santri yang meraih nilai mumtaz adalah santri yang tinggal di asrama yaitu: Aini Trigiana, Zakiah Darajat, Alfia Yusnita, dan Najwa Syafkitamsana," ungkap guru Bahasa Inggris yang akrab disapa Mrs En itu

"Kami dari asrama juga menyediakan reward untuk 10 santriwati terbaik hafalannya, semoga menjadi motivasi bagi mereka untuk terus menambah dan menjaga hafalannya dimana pun mereka melanjutkan pendidikannya nanti," ujar Yeni Rahayu, M.Pd selaku Bendahara Asrama MAN 1 Solok

Tahfizh al-Qur'an merupakan program wajib di asrama dan juga di madrasah, santri dibimbing hafalan oleh pembina asrama setiap hari dan di madrasah juga wajib menyetor hafalan kepada guru-guru pembimbing setiap hari Kamis pagi.

Saat ini, MAN 1 Solok PK telah membuka PPDB jalur prestasi sejak tanggal 1 hingga 25 Maret ini. Jalur reguler 10 April sampai 6 Mei mendatang. (Fitria)

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar