-->
7jV8Go9rTqyfOqOLD0Rj3Gn1IrJt9wpFwJEk2sYv

Lembah Harau, Area Wisata Di Pusat Limapuluh Kota



Limapuluh Kota
,-Nama Lembah Harau Mungkin sudah tidak asing di telinga para pecandu healing alis berwisata saat ini. Lokasi Wisata ini berada di kecamatan Harau kabupaten limapuluh Kota Sumatera Barat. Jarak dari Pusat Kota Payakumbuh berkisar 17 km.

Lembah Harau ini berada dalam kawasan hutan lindung. Yang sejak zaman Belanda sudah ditetapkan status kawasannya sebagai hutan lindung. Hal ini yang membuat pengembangan kawasan wisata agak terkendala.

Lembah Harau berada diantara apitan bukit barisan dengan dinding batu terjal. Tebing bukit dihiasi banyak air terjun. Apalagi kalau musim hujan datang sepanjang tebing akan kelihatan air yang jatuh dari puncak bukit.

Jalan nan lurus dari arah Sarilamak menuju Lembah Harau melintasi Nagari  Tarantang  menyuguhkan celah bukit berdinding cadas. Pesona Lembah mulai nampak sebelum kaki menginjak lokasi wisata tersebut. Dinding batu dengan hiasan air terjun memanjakan mata setiap yang berkunjung ke daerah ini.

Lembah Harau ini berada di duo  pemerintah kenagarian. Nagari tarantang dengan Sarasah Buntanya dan Nagari Harau dengan sarasah Aka Barayun. Jika Kekiri akan sampai ke Nagari Harau, kalau Ke Kanan sampai di Sarasah Bunta.

Saat ini Lembah Harau makin berbenah dengan ragam tampilan. Tidak sedikit investor mulai menanamkan modalnya di lokasi wisata satu ini. Dari arena bermain sampai penginapan pun menjamur hadir di Lembah Harau.

Sarasah Bunta di Kenagarian Tarantang kawasan paling banyak berbenah. Dari area bermain sampai penginapan dominan Sarasah bunta ini. Apalagi sejak jalan lingkar ke Jorong katinggian selesai dibangun beberapa waktu lalu.

Sarasah Aka barayun sebenarnya tidak juga ketinggalan dalam pembangunan fisik. Baik itu berupa penginapan maupun arena bermain.

Dinding batu terjal Lembah Harau jadi ajak uji nyali para pengiat olahraga panjat tebing. Baik itu nasional maupun internasional. Hal ini tidak lepas dari kondisi tebing yang memiliki tantangan tersendiri bagi pemanjat tebing.

Yang menarik di lembah ini adalah kesunyian malamnya. Jika maghrib sudah menjelang hanya suara hewan belantara dominan hiasi suasana. Juga dinginnya suhu menjadikan rehat tubuh kala lelah dalam aktifitas makin sempurna.

 

 

 

 

 

 

Related Posts

Related Posts