Search

Mangsa Kambing Warga, Harimau Dahan Masuk Perangkap

Limapuluh Kota,-Warga Jorong Sikabu Kabu Nagari Tanjuang haro Sikabu Kabu Padang Panjang Kecamatan Luak Kabupaten Limapuluh Kota di gempar. Beberapa ekor kambing peliharaan warga ditemukan mati bersimbah darah. Dileher kambing ditemukan luka bekas terkaman binatang buas. 

Untuk menindak lanjutik kejadian tersebut warga melaporkan kepihak pemerintahaan kenagarian dan dilanjutkan ke BKSDA Limapuluh Kota. 

Baca Juga: Benny dan Radi serius dalam menggarap Pertanian

Mendapat laporan ada gangguan binatang ternak warga yang diduga oleh binatang buas, BKSDA memasang perangkap di sekitar lokasi. Kamis 4/3 malam seekor harimau dahan masuk perangkap yang dipasang oleh  Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Limapuluh Kota.

Hal ini dibenarkan oleh Martias, Kepala BKSDA Resor Limapuluh Kota di Sarilamak Pada Jumat 5/3 pagi kepada awak media Luak Limopuluah. 

"Saat ini baru satu ekor harimau dahan yang ditangkap, info dari warga masih ada harimau dahan lainnya. Tapi yang masuk perangkap baru satu," katanya.

Ia mengatakan saat ini pihaknya tidak memasang perangkap karena perangkap masih dipakai untuk mengevakuasi harimau dahan yang telah tertangkap.

"Kami berharap agar masyarakat ikut berjaga-jaga di situ, bisa dengan melakukan bunyi-bunyian sebab perangkap masih kami pakai untuk evakuasi. Selanjutnya kita tunggu perkembangan," ujarnya.

Harimau dahan yang tertangkap akan dilepas di kawasan konservasi yang ada di kawasan Kabupaten Limapuluh Kota karena kondisi dari Harimau Dahan masih sehat.

Kawasan perkebunan warga di Ateh Padang tempat hewan ternak dimangsa Harimau Dahan tersebut hanya berjarak sekitar 1 kilometer ke arah Barat dari pemukiman warga. Namun berada tepat di kawasan hutan di pinggir gunung Sago. Sehingga sangat memungkinkan menjadi tempat bersembunyi dan jadi habitat sejumlah satwa liar.

Baca Juga: Berkunjung Ke Lareh Sago Halaban, Bupati Serahkan Bantuan Kepada Keluarga Korban Kebakaran

Bahkan sebelumnya, Beruang Madu juga pernah tersesat masuk kedalam pemukiman warga dan merusak penampung air nira petani.

"Alhamdulillah, Macan Dahan yang memangsa kambing warga berhasil terperangkap. Masuk dalam perangkap yang dipasang BKSDA, yang dipasang beberapa jam sebelumnya," sebut Kepala Jorong Sikabu-kabu, Alfitra Salam.(*)