Search

Pulang Kampung, Rezka Dengarkan Curhatan Wali Nagari

Limapuluh Kota, - Rezka Oktoberia pulang kampung untuk pertama kalinya sejak dilantik sebagai Anggota DPR-RI Fraksi Partai Demokrat Dapil Sumbar II pengganti antar waktu (PAW) periode 2019-2024.

Kedatangan Rezka dalam melaksanakan Reses masa persidangan ke 2 tahun sidang 2020-2021 disambut oleh Bupati Irfendi Arbi di Rumah Dinas Bupati yang berlokasi di Kelurahan Labuah Basilang, Payakumbuh Barat, bersama perwakilan dari eksekutif, legislatif, camat, wali nagari, dan bahkan kepala jorong di Kabupaten Limapuluh Kota, Minggu (20/12).

Bupati Irfendi Arbi dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada Rezka. Dirinya menyambut baik putri Luak Limopuluah yang selalu peduli dengan kampung halamannya itu. 

Irfendi bahkan bercerita dirinya selalu menyebut dalam setiap pidatonya saat menjadi anggota DPRD di Kota Padang, Wakil Bupati dan Bupati Limapuluh Kota dimana keinginannya ada orang Luak Limopuluah menjadi Anggota DPR-RI.

Ini merupakan perjalanan hidup, makanya kita harus bersyukur. Mudah-mudahan ini berlanjut sampai waktu yang akan datang. Baru saja dilantik Rezka langsung pulang kampung. Begitu cintanya Rezka kepada kampung halaman, ini adalah tanda baik untuk kita di semua bidang. Hal-hal ke pusat ada yang menjembatani, tentu menjadi hal positif untuk pembangunan Limapuluh Kota kedepannya, kata Bupati.

Rezka Oktoberia mengatakan dirinya telah dilantik sebagai Anggota DPR-RI dan MPR-RI. Artinya menjadi cukup dan lengkap dengan sudah tertorehkan sejarah ada anak asli dari Luak Limopuluah duduk di Senayan.

Menurutnya, semua ini bukan usaha Rezka sendiri, ini semua adalah usaha semua pihak yang berjuang bersamanya sejak Pemilihan Legistalif 2019 lalu, dan itu tidak mudah. Yang namanya dinamika politik, semua harus dijalani.

Berkat dukungan yang banyak sekali, baik ucapan dukungan lewat SMS, WA, dan Facebook untuk kita memperjuangkan Luak Limopuluah. Sejarah ini jangan sampai dilepaskan, tapi pertahankan, Rezka butuh dukungan kita semua, kata Rezka.

Ditambahkannya, Rezka menyampaikan permohonan maaf kepada pihak yang tak bisa bertemu langsung dengannya sedangkan keinginan hatinya "nio baralek gadang di Luak Limopuluah.

Namun karena keadaan pandemi, kita terpaksa tunda dulu. Bukan tak mau bertemu, namun kondisi yang membatasi, kita sedang dalam Pandemi Covid-19 ujar putri kandung Aidil Zein, dan Erlinda Rasyid, urang Situjuah dan Danguang-Danguang itu.

Rezka juga menyampaikan salam hormat, rindu, dan salam hangat dari Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Kedua petinggi Partai Demokrat itu sudah pernah datang ke Luak Limopuluah, bahkan AHY sudah dua kali.

"Kita turut mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota atas penanganan Covid-19, meski belum begitu memuaskan, namun ada kemajuan. Bahkan, kinerja pemkab dalam mensukseskan pilkada 2020 juga kita apresiasi sekali. Kedepannya kita butuh diskusi dan belajar banyak dari bupati, karena bupati yang lebih paham kondisi Limapuluh Kota," ujar Cucu Alm. Muhammad Zein, pejuang peristiwa Situjuah dalam Pejuang Salapan. 

Di sisi lain, kepada Bupati terpilih pada Pilkada 2020 kemarin, Rezka berharap bisa bersinergi, berkolaborasi. 

"Meski pilkada telah selesai, tidak ada lagi hina-hinaan di media sosial. Kita berharap perbedaan itu sudah tidak ada lagi dan sama-sama kita selangkah membangun Limapuluh Kota," ajak Rezka.

Rezka juga mengharapkan dukungan kepala daerah terkait akan dilakukannya vaksinasi Covid-19, Pemko dan Pemkab dapat membantu sosialisasi dan edukasinya kepada masyarakat.

"Bahkan kami berjuang menyuarakan bagaimana uji klinis vaksinasi sebelum digunakan ke masyarakat. Ini kami mohon wali kota dan bupati memantau dan membantu masyarakat agar tidak perlu khawatir dengan vaksinasi ini," paparnya.

Rezka bakal berada di Sumatera Barat hingga 29 Desember 2020, dia mohon diberikan izin dalam melakukan Resesnya ke setiap daerah di dapil II Sumbar. Karena Rezka memaklumi ada pembatasan menggelar kegitan dan dirinya tidak ingin ada kerumunan demi keselamatan orang banyak.

"Meski daerah basis Rezka ada di dapil II, tapi ada juga 6 daerah lain di Sumbar sebagai konstituen Rezka, insyaallah kita akan terus pantau kampung kita Limapuluh Kota. Menjadi anak Luak Limopuluah, dukungan penuh sangat dibutuhkan dan ini tidak bisa sendiri-sendiri, karena perjuangan kita semua tidak mudah. Yang pasti, 4 tahun kedepan kita akan bersinergi bersama, kita siap berdiskusi dan menjadi jembatan apa yang akan kita perbuat bagi Luak Limopuluah," kata Rezka.

Di akhir sambutannya Rezka berpantun:

Monumen PDRI di Koto Tinggi

Terkenal jeruknya disana

Terimakasih kita ucapkan kepada bupati

Atas kerja beliau untuk Limapuluh Kota

"Nak duo pantun sairiang"

Pergi ke Guguak di hari Selasa

Lanjutkan perjalanan menuju Mungka

Ucapan terimakasih untuk Limapuluh Kota

Atas doa dan dukungan untuk Rezka


Usai menutup sambutannya, Rezka langsung mendengar masukan dan aspirasi dari perwakilan masyarakat, setiap masukan dari perlbagai bidang dicatat Rezka dengan seksama, baik pembangunan fisik, pertanian, perdagangan, dan bidang lainnya. (Media)