Search

Dalam Dua Minggu Ini Bunga Raflesia Di Data Sungai Taleh Akan Mekar

Agam, - Pengendali Ekosistem Hutan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Agam Ade Putra memprediksi bunga Rafflesia jenis Arnoldi yang ada di Data Sungai Taleh, Nagari Paninjauan, Kecamatan Tanjung Raya bakal mekar sempurna dalam dua minggu ke depan.

Bunga langka ini diprediksi mekar dengan ukuran lebih kurang 100 centimeter, ujar Kepala BKSDA Resor Agam, Ade Putra, Sabtu (7/11).

Dikatakannya, ciri-ciri bunga Rafflesia akan mekar sudah terlihat, seperti mulai terangkatnya perigon atau kelopak dari tabung knop yang sudah memancarkan warna merah maron.

Knop bunga itu dilindungi UU nomor 5 tahun 1990, tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya dengan lingkaran mencapai 122 centimeter, terangnya.

Menurutnya, apabila bunga Rafflesia jenis Arnoldii ini mekar, maka akan terlihat indah karena tumbuhnya di permukaan tanah yang datar.

Di lokasi itu, katanya juga ada bunga Rafflesia yang sudah melewati fase mekar sempurna tujuh individu, serta ditemukannya sembilan knop di dua lokasi dengan jarak sekitar 100 meter.

Ini berdasarkan monitoring yang kita lakukan, Jumat (6/11) lalu, dan juga dilakukan setiap bulannya, sebut Ade.

Dijelaskannya, lokasi bunga Rafflesia itu ditemukan pada 2018, yang berjarak sekitar tiga kilometer dari jalan lintas Lubuk Basung- Bukittinggi.

Sedangkan jarak tempuh dari terakhir kendaraan sekitar 20 menit perjalanan dengan topografi relatif landai. (amc)