-->
7jV8Go9rTqyfOqOLD0Rj3Gn1IrJt9wpFwJEk2sYv

Ketua DPRD Sumbar gagas Limapuluh Kota Sebagai Pilot Project Pertanian Sumatera Barat



Payakumbuh,-Ketua DPRD Sumbar, Supardi sudah berencana menjadikan kampung halamannya, Luak Limopuluah sebagai pijot project pertanian di Sumatera Barat. Niat politisi Gerindra tersebut disampaikan dihadapan penyuluh pertanian di Kota Payakumbuh pada Senin (29/6) lalu.

“Saya sudah berencana bagaimana Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota sebagai pilot projeck nya pertanian Sumatera Barat. Ini untuk memajukan pertanian di Luak Limopuluah,”ucap Supardi didepan Sekretaris Dinas Pertanian Sumbar dan Kepala Dinas Pertanian Kota Payakumbuh.

Baca Juga: Puyu Ikan Klasik Sumatera Barat dan Kota Padang Dulunya

Tekad dari anggota DPRD Sumbar dua periode tersebut untuk menjadikan Luak Limopuluah sebagai pijot projeck yaitu dampak dari luasnya areal pertanian yang ada di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota. Tak hanya itu saja, suburnya tanah serta prilaku masyarakat yang mayoritas bertani diyakini mampu menjadikan Luak Limopuluah sebagai contoh pertanian di Sumbar.

“Kemudian, melalui regulasi yang pas sehingga pilot project pertanian di Luak Limopuluah bisa terwujud,”ucapnya. Ada sejumlah komodisi yang cocok dikembangkan di Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota. Diantaranya padi, cabe, jagung dan bawang.

Pilot project pertanian yang tengah digagas Ketua DPRD Sumbar itu, meliputi dari kondisi lahan, cara pengolahan lahan, pembibitan, penanaman, pupuk, pengelolaan tanaman pertanian, panen, pemasaran hingga regulasi terkait pertanian. “Ini yang sedang kita dorong di DPRD Sumbar, bagaimana agar Payakumbuh dan Limapuluh Kota menjadi pilot projectnya pertanian Sumbar.

Ikuti Juga: Polling Kandidat Bupati Limapuluh Kota Di Pilkada 2020

Untuk padi sendiri, katanya Luak Limopuluh memiliki hamparan yang sangat luas dan berada di topografi kawasan rendah hingga kawasan tinggi dipergunungan. Kemudian, untuk jagung, Luak Limopuluah memiliki lahan tidur yang sangat luas dan bisa disulap untuk ladang jagung.

Selain itu, keberadaan perguruan tinggi khusus pertanian, yakni Politeknik Pertanian Tanjung Pati di Kabupaten Limapuluh Kota , nantinya diyakini  mampu mendukung wacana Luak Limopuluah sebagai pijot project pertanian Sumbar. “Mudah-mudahan, apa yang kita gagas ini, bisa terwujud. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan hasil pertanian demi kesejahteraan petani,”terang Supardi. (tim)
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar