-->
7jV8Go9rTqyfOqOLD0Rj3Gn1IrJt9wpFwJEk2sYv

Wagub Kunjungi RSJ HB Sa'anin



Pada Selasa 12/5 Nasrul Abit Wakil Gubenur Sumatera Barat kunjungi Rumah Sakit Jiwa HB Sa'aanin didampingi kadis kesehatan dan direktur RSJ tersebut.

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit berkunjung ke RSJ HB Sa'anin untuk melihat kesiapan dalam pelayanan menerima pasien penyakit kejiwaan yang diduga terpapar Covid-19 dan disambut langsung oleh Direktur RSJ HB Saanin drg. Ernoviana, M. Kes.

Dalam kunjungan tersebut Wakil Gubernur menyampaikan antara lain:

1. RSJ HB Saanin akan dipersiapkan menerima pasien penyakit kejiwaan yang terpapar Covid-19. Keputusan ini diambil untuk upaya dan kesiapsiagaan Provinsi Sumatera Barat dalam penanganan penyebaran Covid-19.

2. Terkait dengan pelayanan lainnya di RSJ HB Saanin tidak akan terganggu, karena sudah dipersiapkan gedung khusus dengan menambahkan fasilitas penunjang lainnya.

3. Dalam kesempatan tersebut, Direktur RSJ HB Saanin menyebutkan bahwa untuk saat sekarang RSJ HB Saanin telah menampung ODP sebanyak 11 orang yang berasal dari beberapa daerah di Sumbar, di antaranya Kota Padang, Kabupaten Tanah Datar, dan daerah lainnya dan direncanakan pada siang ini (12/5/2020) terhadap ODP tersebut akan dilaksanakan swap test.

4. Terkait fasilitas untuk PDP positif, sudah dipersiapkan sebanyak 10 buah tempat tidur.

5. Direktur RSJ HB Saanin juga menjelaskan bahwa kategori pasien Covid-19 yang akan dirawat merupakan pasien yang awalnya memang ada gangguan kejiwaan, dan setelahnya baru terpapar Covid-19. Berbeda dengan pasien yang terkena gangguan kejiwaan setelah terpapar Covid-19 tidak dapat dirawat di RSJ, karena dapat memperburuk kondisi kejiwaan pasien itu sendiri.

6. Wakil Gubernur Sumbar juga menyampaikan, bahwa dalam waktu 2 atau 3 hari ke depan, inshallah fasilitas penanganan pasien Covid-19 di RSJ HB Saanin sudah dapat beroperasi dan dapat memfasilitasi semua pasien dengan baik dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19.

BIRO HUMAS SETDA PROV. SUMBAR
Related Posts

Related Posts