-->
7jV8Go9rTqyfOqOLD0Rj3Gn1IrJt9wpFwJEk2sYv

Binatang Langka Itu Ditemukan Tewas Dengan Kondisi Terjerat

Poto : istimewa

Pekanbaru Riau,-Inyiak Balang alias harimau sumatera yang sudah masuk kategori binatang langka dan dilindungi ditemukan dalam keadaan tewas terkena jerat di area konsesi PT Arara Abadi, Desa Minas Barat, Kabupaten Siak.Kabar ini didapat dari relis Kepala Balai Besar KSDA Riau, Suharyono pada Senin 18/5.

Berawal dari laporan Humas PT Arara Abadi kepada Balai Besar KSDA Riau bahwa ada seekor Harimau Sumatera yang terjerat di area konservasi Distrik Gelombang.

Pihak PT Arara Abadi pertama kali mendapat laporan tersebut dari Kepala Desa Minas Barat yang diberitahu oleh masyarakat mencari ikan disekitar lokasi tersebut pada Senin, 18 Mei 2020 sekitar pukul 11.00 wib dan PT. Arara Abadi segera meneruskan laporan tersebut pada pukul 13.00 wib.

Kepala Balai Besar KSDA Riau segera memerintahkan Tim Evakuasi dan Tim Medis untuk langsung bergerak ke lokasi ditemukan satwa tersebut. Sayang, Harimau Sumatera itu sudah dalam kondisi mati sebelumnya dengan kaki depan kanan terjerat dan sudah dipenuhi lalat dan belatung.

Menurut keterangan dari PT Arara Abadi dan sumber sumber lainnya bahwa Harimau tersebut diperkirakan sudah terjerat sekitar 1 (satu) minggu sehingga memperparah luka yang ada di kakinya.

Jauhnya sumber air dari lokasi Harimau yang terjerat menjadi penyebab satwa tersebut mengalami dehidrasi.

"Tim segera melakukan evakuasi terhadap Harimau sumatera berjenis kelamin Jantan tersebut dan membawanya ke kantor Balai Besar KSDA Riau untuk neukropsi sebelum dikuburkan," kata Suharyono.(Yus Kampai)


Artikel: WAG BBKSDA Riau

Related Posts

Related Posts