Salingka News

random

Tingkatkan Kewaspadaan Walau Gempa Susulan Melemah

Gempa Palu-Doongga memang sudah melemah. Semakin lama proses relaksasi bagian-bagian dari sesar yang baru saja pecah ini semakin stabil. Namun tentusajaini tidak boleh diartikan bahwa kewaspadaan boleh mengendur. Justru sebuah pelajaran baru ini harus menjadi pembelajaran.
😦 "Iya Pakdhe, katanya Gusti Allah tidak akan menguji manusia diluar kemampuannya"
😀 "Iya Thole, If it doesnot kill you, it makes you stronger. Bagi yang meninggal kita doakan dan ihklaskan kepergiannya. Namun bagi kita harus semakin kuat dan semakin waspada.
Saatnya para ahli meneliti.
Sebenarnya para ahli kebencanaan khususnya ahli gempa, tidak tinggal diam saat gempa terjadi. Mereka terus melakukan penelitian, walau dari kejauhan. Karena bagaimanapun prioritas utama adalah penyelamatan (resque).
Memang benar, para ahli harus segera ke lokasi untuk memberikan pengamatan sedini mungkin sebelum dibersihkan. Data kondisi kerusakan selalu memberikan arti tersendiri pada analisa. Dan sejatinya proses kebencanaan gempa itu terjadi tidak hanya saat gempa utama.
Displacement atau pergeseran tanah akibat Sesar Geser Palu. Terlihat perkiraan antara 3-5 meter dengan maksimum ada yang diperkirakan 12 meter.

Pada saat kejadian, semua mata ahli gempa mengamati, hingga bebehari berikutnya sudah muncul analisa data dari satelit yang melihat seberapa besar dampaknya. Dimanasaja terjadi longsor, bagaimana dengan pergeseran tanah (dislokasi dan rupture nya).
Selang beberapa hari setelahnya, para ahli dari Badan Geologi juga segera melihat dampaknya. Dan secara langsung melihat di lapangan. Pergeseran hingga 5 meter lebih pun juga teramati di lapangan seperti gambar diatas.
NAntinya getaran-getaran gempa susulan juga akan diplot untuk melihat dan memetakan kembali Sesar Palu-Koro. Perubahan konfigurasi ini tentunya akan dilanjutkan untuk melihat bagaimana kemungkinan kedepannya.
Tidak hanya di darat, bahkan beberapa kapal survey sudah mulai memetakan bawah permukaan atau memetakan kedalaman laut dengan multibeam bathymeti.
Semoga saja hasil-hasil penelitian ini akan meningkatkan kewaspadaan dan mampu mengurangi seandainya terjadi gempa lagi.
Semoga

Tingkatkan Kewaspadaan Walau Gempa Susulan Melemah Reviewed by salingka luak on Oktober 12, 2018 Rating: 5
All Rights Reserved by Salingka Luak © 2018 - 2019
Powered By Blogger, Supported by Berita Sumbar dan Medianers

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.