Search

Pisah Sambut Kapolres Payakumbuh, Wako: Selamat Jalan Pak Kuswoto, Selamat Datang Pak Endrastiawan

Payakumbuh - Pemerintah Kota Payakumbuh menggelar acara Pisah Sambut Kapolres Payakumbuh pada Rabu (4/4) malam di Pendopo Rumaah Dinas Walikota Payakumbuh. Acara digelar menyusul adanya pergantian posisi Kapolres Kota Payakumbuh dari pejabat lama AKBP Kuswoto kepada pejabat baru AKBP Endrastiawan Setiowibowo.

Hadir pada kesempatan tersebut, Walikota Payakumbuh Riza Falepi, Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi, anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) Kota Payakumbuh, Kepala BNNK, AKBP Firdaus ZN, Sekda Kota Payakumbuh bersama Sekda Kabupaten Limapuluh Kota, para pimpinan instansi vertikal dan BUMN, para kepala OPD se Kota Payakumbuh serta perwakilan tokoh masyarakat Kota Payakumbuh.

Pada kesempatan itu, Kapolres Kota Payakumbuh lama, AKBP Kuswoto mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan dukungan Pemko Payakumbuh serta Pemkab Limapuluh Kota dan unsur Forkopinda, sehingga dirinya terbilang lancar mengemban amanah sebagai Kapolres Payakumbuh.

"Saya ucapkan terimakasih kepada bapak-bapak unsur Forkopinda baik kota maupun kabupaten yang telah bersinergi selama dua tahun ini sehingga amanah menjaga Kamtibmas yang dibebankan kepundak kami dapat terlaksana dengan baik, tanpa ada kendala yang berarti," ujar AKBP Kuswoto.

Dikatakan AKBP Kuswoto, dirinya mengaku sangat senang selama menjabat sebagai Kapolres Kota Payakumbuh. Hal itu ditandainya dengan perjalanan waktu yang terasa singkat baginya mengabdi sebagai Kapolresta Payakumbuh.

"Waktu dua tahun itu cukup lama, cuma rasanya baru kemarin saya disambut sebagai Kapolres Payakumbuh baru, tapi sekarang sudah pisah sambut saja dengan kapolres pengganti saya, mungkin itu tandanya Payakumbuh begitu nyaman, sehingga tak terasa sudah dua tahun waktu berlalu," kenang Kuswoto.

AKBP Kuswoto juga menyampaikan permohonan maaf seandainya selama kurang lebih dua tahun mengabdi di Payakumbuh, ada hal- hal yang tidak berkenan oleh Walikota dan hadirin yang hadir, sekaligus pamit untuk menduduki amanah baru di Polda Sumbar.

Sementara Kapolres Kota Payakumbuh yang baru, AKBP Endrastiawan Setiawobowo dalam sambutan perkenalannya menyampaikan kekagumannya dengan Kota Payakumbuh.

"Saya baru dua hari masuk kantor, kesan saya selama dua hari ini sangat bagus, Forkopinda sangat kompak dan pak wali sangat responsif, sesuai dengan informasi yang disampaikan pendahulu saya   bapak AKBP Kuswoto, semoga kedepan saya bisa melanjutkan komunikasi baik yang telah beliau bangun," ujar AKBP Endrasetiawan.

Dikatakan, jabatan sebagai Kapolres Kota Payakumbuh merupakan jabatan sebagai Kapolres pertama kali baginya, untuk itu beliau mohon petunjuk dan kerjasama agar lancar dalam mengemban amanah.

"Ini pertama kali saya jadi Kapolres. Sebelum ini saya baru sampai jadi Wakapolres, tepatnya di tiga daerah yaitu, Wakapolres Sukoharjo, Wakapolres Kebumen dan Wakapolres Klaten. Biasa jadi kernet, sekarang disuruh jadi sopir, jadi mohon petunjuk dan dukungan kita semua," ujar AKBP Endrastiawan.

Sementara Walikota Payakumbuh dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada AKBP Kuswoto atas pengabdiannya selama ini di Payakumbuh sekaligus mendoakan beliau sukses diposisi yang baru.

"Datang tampak Muko, Pai Tampak Pungguang (datang tampak muka, pergi tampak punggung- red), itu pepatah minang untuk menggambarkan acara pisah sambutnkali ini, atas nama Pemko Payakumbuh, kami mengucapkan terima kasih banyak atas pengabdian Pak Kuswoto selama di Payakumbuh, kami lepas bapak dengan ikhlas semoga bapak sukses di tempat baru sekaligus permohonan maaf jika selama ini ada hal-hal yang tidak berkenan" ujar Walikota Riza Falepi.

Kepada Kapolres Kota Payakumbuh yang baru, Walikota mengucapkan selamat datang dan selamat mengabdi di Kota Payakumbuh.

"Payakumbuh ini punya slogan pak, aianyo janiah ikannyo jinak (airnya jernih ikannya jinak -red), artinya mungkin nanti bisa dicari tahu arti lebih dalamnya pak, tapi intinya daerahnya sangat ramah dan terbuka dengan orang luar," ujar Walikota.

Riza Falepi juga berharap, jalinan komunikasi yang baik selama ini ditataran Forkipinda serta antara Pemko Payakumbuh dengan Polresta Payakumbuh bisa terus terjalin baik.

"Saya yakin pak Endrastiawan akan melanjutkan kerjasama yang baik yang selama ini dibangunPak Kuswoto dengan Pemko dan Forkopinda yang lain demi keamanan dan kemajuan Kota Payakumbuh kedepan," pungkas Walikota Riza Falepi.

AKBP Endrastiawan Setiawibowo merupakan lulusan Akpol angkatan 97, sebelum menjabat Kapolres KotabPayakumbuh beliau mengemban amanah di Pusdik Binmas Lemdikpol Mabes Polri.

Acara diakhiri dengan penyerahan plakat kenang-kenangan dari Pemko Payakumbuh dan Pemkab Limapuluh Kota kepada Kapolres Payakumbuh lama, AKBP Kuswoto. (*/relis kominfo)