Translate

Bupati Sambangi Nenek Renta Yang Tinggal Bersama Dua Anak Yang Alami Gangguan Jiwa

- Maret 04, 2018
Memprihatinkan! beginilah kondisi nenek Nurma Wilis (80), warga Jorong Taratak, Kenagarian Sarilamak, Kecamatan Harau, yang tabah  menghidupi kedua anaknya yang mengalami gangguan mental.
LIMAPULUH KOTA--- Digubuk reot yang lapuk itu, Nurma Wilis meratapi nasibnya, tak henti-henti batinnya terus menangis memikirkan kondisi yang dialami, meski begitu semangat untuk tetap bertahan hidup tak pernah memudar.
Himpitan kesulitan ekonomi dan kemampuan fisik yang semakin menurun, Nurma Wilis masih menunjukkan ketegarannya di usia senja. Sejak puluhan tahun lalu, dia tabah seorang diri mengahadapi Dua anaknya, Lukman (50) dan Sapri (45) yang sama-sama mengalami gangguan mental.
Terpaksa, segala macam aktivitas dilakukannya dengan pelan seorang diri tanpa bantuan anaknya. Bahkan, untuk makan sehari-hari Nurmawilis harus menunggu bantuan dari tetangga.
Beruntung, kemarin bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi mendatangi gubuk reok Nurma wilis membawa setumpuk sembako serta peralatan sehari-hari bagi dirinya.
Kedatangan Irfendi Arbi ke kediamannya juga didampingi sejumlah kepala-kepala OPD di Limapuluh Kota. Diantaranya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Dr. Adel Nofiarman, kepala Dinas Kesehatan,Dr. Hj. Tien Septino, M.kes, Kepala pelaksana BPBD, Joni Amir S.Sos, dan Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial, Akmal, S.Sos, beserta kepala cabang BPJS Limapuluh Kota, Ina Mutia Farina.
"Setelah Menerima laporan masyarakat, kita sengaja melihat kondisi ibu Nurma Wilis, ibu hebat yang tabah dan sabar. Miris memang, di usianya yang tidak lagi muda, dirinya harus mengurusi ke dua anaknya yang mengalami keterbelakangan mental seorang diri, ditambah lagi kondisi mata ibu Nurma yang mengalami gangguan penglihatan," ujarnya menjawab wartawan dengan mata berkaca-kaca.
Diakuinya, dirinya sangat prihatin atas apa yang diderita ibu Nurma Wilis, apalagi rumah yang ditempatinya terbilang tidak layak. "Untuk itu,  saya  perintahkan seluruh staf untuk segera bergotong royong membantu ibu ini. Agar secepatnya mererenovasi rumah miliknya, kita bangun rumah yang lebih layak,"tambah Irfendi.
Irfendi yang juga membawa kepala BPJS dan Dinas kesehatan itu, juga langsung memerintahkan untuk mengobati kesehatan matanya dan segera memeriksa kondisi kesehatan kedua anaknya. "Bekerja sama dengan BPJS, kita segera periksa kondisi kesehatan ibu Nurmawilis , begitu juga dengan kesehatan kedua anaknya.Untuk pengobatan nanti ada yang jemput. Kita bawa ke rumah sakit,"tuturnya.
Dirinya juga meminta para tetangga terus membantu menjaga Ibu Nurma Wilis. "Tolong terus dibantu, kasihan kita. Beliau seorang diri menghidupi anaknya. Mudahan-mudahan, ibu Nurma Wilis dan kedua anaknya ini selalu diberikan kesehatan dan kekuatan dalam menjalani hidup, serta bantuan yang diberikan dapat memberikan keringanan kepada keluarga ini,"harapnya.
Sementara itu, kepala BPJS INA Mutia Farina mengatakan pihak BPJS kabupaten Limapuluh Kota telah merekomendasikan keluarga ini sebagai penerima KIS rekomendasi."Kartu KIS ibu Nurma Wilis dan kedua anaknya sudah selesai kami proses sore ini, yang didaftarkan sebagai penerima rekomendasi. Semoga beliau bisa memanfaatkan segera untuk pengobatan matanya,"ujarnya.
Senada, Kadis kesehatan, Dr Hj. Tien Septino, mengatakan setelah proses BPJS selesai, pihaknya langsung membawa Nurma Wilis dan juga kedua anaknya ke RSUD Achmad Darwis,"Benar, sesuai inturuksi bupati tadi, kita akan segera rujuk ibu ini. Sepertinya, ibu Nurma Wilis terkena penyakit mata Katarak, kita coba untuk mengobatinya. Terkait kondisi anak beliau kita akan periksa terlebih dahulu, kita yakin bisa disembuhkan,"pungkasnya.

Terpisah, warga yang juga ikut menyaksikan kedatangan Irfendi Arbi tersebut, mengaku sangat berterima kasih atas kepedulian kepala daerah terhadap warganya.
Advertisement
loading...
 

Start typing and press Enter to search