Search

Songsong Pilkada Payakumbuh, Almaisyar Direstui Niniak Mamak Koto Nan Ompek

 


Payakumbuh,- Almaisyar Dt. Bangso Dirajo Nan Kuniang, tuo kampung pasukuan Simabua Koto Nan Ompek mendapat restu dari Niniak Mamak Koto Nan Ompek untuk maju pada pemilihan kepala daerah Kota Payakumbuh 2024 mendatang.

Hal tersebut tampak saat pertemuan dan silaturahmi Almaisyar bersama niniak mamak dan bundo kanduang di Kantor Kerapatan Adat Nagari (KAN) Koto Nan Ompek, Sabtu (11/5).

Selain tokoh masyarakat, juga tampak hadir pada acara tersebut 4 jinih (urang jinih nan-4) seperti para Imam, Katik, Bila, dan Qadhi. Sudah 54 tahun mimpi anak Nagari Koto Nan Ompek sebagai pemimpin Kota Payakumbuh belum pernah terwujud. Apalagi sudah 3 kali pemilihan langsung, putra Koto Nan Ompek untuk menjadi Wali Kota Payakumbuh belum lagi tercapai.

Menurut Ketua KAN Koto Nan Ompek Y. Dt. Pangulu Rajo Nan Itam, untuk mencapai mimpi itu, sudah seharusnya secara bersama-sama terutama niniak mamak menyampaikan kepada anak kamanakan dalam menggaungkan dan bersatu dalam mendukung putra Koto Nan Ampek di Pilkada nantinya.

“Di Pasukuan Sambilan ada dua nama yang mengapung. Sesuai kesepakatan kita, siapa nantinya elektabilitas yang tinggi, itulah kita kita dukung bersama. Sudah saatnya kita bersatu. Kalau kita terpecah belah, tidak akan tercapai apa yang diimpikan,” ujarnya.

Hal yang sama juga dikatakan perwakilan tokoh masyarakat, Rinal Ketua LPM Padang Data Tanah Mati yang berpendapat sudah saatnya anak kamanakan Koto Nan Ompek untuk bersatu, kompak dalam mengantarkan putra daerah terbaik ke kursi Wali Kota Payakumbuh.

”Dari pertemuan kita hari ini, mari sama-sama kita sosialisasikan Haji Almaisyar Datuak Bangso Dirajo Nan Kuniang sebagai Wali Kota Payakumbuh. Ini harus kita memberitahukan ke anak kamanakan, keluarga, serta masyarakat di kelurahan masing-masing,” tegas Rinaldi.

Hal senada juga dituturkan oleh Rina, perwakilan Bundo Kanduang Koto Nan Ompek. Dia mengajak bundo kanduang serta seluruh organisasi organisasi di masyarakat bersama-sama mendukung Haji Almaisyar. 

Dari sisi niniak mamak lainnya turut menyampaikan pesan kepada anak kemenakan kalau Kota Payakumbuh akan memilih pemimpin untuk 5 tahun kedepan, menentukan pilihan tentu kepada orang terbaik yang dinilai mampu menjalankan peran sebagai aulia bagi masyarakat.

"Mari sama-sama kita sukseskan pilkada di Kota Payakumbuh dan kita mendapatkan pemimpin berkualitas untuk kemajuan daerah kita," pungkasnya. (FS)