Search

Ramadhan Berbagi Berkah, Pertap Bersama HIPAKAD Santuni 100 Anak Yatim Di Aula Koramil 01 Payakumbuh

Payakumbuh --- Di bulan ramadhan yang penuh berkah, organisasi sosial di Luak Limopuluah, Persatuan Tali Asih Payakumbuh (Pertap) dan Himpunan Putra Putri Keluarga Angka Angkatan Darat (HIPAKAD) menggelar aksi menyantuni sebanyak 100 anak yatim yang ada di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota.


Organisasi Pertap yang diketuai oleh Sersan Hasan Basri, Anggota Kodim 0306/50 Kota itu dan HIPAKAD yang diketuai Abdurrahim "Boim" itu memberikan santunan saat buka puasa bersama di Aula Koramil 01 Payakumbuh, Sabtu (6/4). Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Karang Taruna Kota Payakumbuh Yonaldi "Ayong".


Wajah senang dan bahagia terpancar dari anak-anak yang berusia rata-rata di bawah 15 tahun tersebut. Anak-anak yatim ini berasal dari berbagai daerah di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota. Mereka datang ke Aula Koramil diundang oleh organisasi sosial Persatuan Tali Asih Payakumbuh (Pertap).


Ketua Pertap Serda Hasan Basri mengatakan anak-anak yatim adalah tanggung jawab bersama, bahkan Rasulullah SAW yang anak yatim turut mengajarkan kita untuk senantiasa memelihara mereka. Pertap melalui para donatur juga punya anak binaan yang disekolahkan hingga SMA, sehingga mereka mendapatkan kedudukan yang sama di tengah-tengah masyarakat.


Ditambahkan Sersan Hasan Basri yang didampingi anggota Pertap lainnya, organisasi mereka ini biasanya menyalurkan bantuan dari donatur setiap Jumat, makanya ada kegiatan yang diberi nama Jumat Berkah (Jumber), termasuk di bulan ramadhan Pertap aktif berbagi bantuan.


"Kami sampaikan apresiasi kepada Komandan Kodim 0306/50 Kota dan Danramil 01 Pyk yang telah memfasilitasi anak-anak yatim untuk kami bawa berbuka bersama di sini, dukungan ini meningkatkan semangat moril Pertap dalam bergerak bersama masyarakat membantu yang membutuhkan," pungkasnya. 


Sementara itu, Dandim 0306/50 Kota Letkol Inf Adri Asmara Yudha melalui Danramil 01 Pyk Mayor Inf. Khomsah mengapresiasi Pertap yang diketuai oleh Sersan Hasan Basri. Menurutnya, prajurit yang seperti ini dibutuhkan, selain berinisiasi, juga menggerakkan masyarakat untuk membantu mereka yang membutuhkan.


"Terima kasih, aksi Sersan Hasan Basri ini memacu yang lain berkegiatan sosial seperti ini, kami sebagai komandan menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya," katanya.


Salah satu anak yatim, Yumi mengatakan sangat senang bisa diundang berbuka puasa bersama kawan-kawan anak yatim lainnya oleh Pertap. Menurut siswi SMPN 10 Payakumbuh itu, dia datang bersama adiknya Nugi.


"Kami sangat senang, apalagi diperhatikan berlebih dan diperlakukan spesial hari ini," ungkap anak yang ibunya saat ini bekerja sebagai TKI di Malaysia itu. (FS)