-->
7jV8Go9rTqyfOqOLD0Rj3Gn1IrJt9wpFwJEk2sYv

Tim Pengabdian dosen Unand Berikan Peningkatan Minat Siswa SMAN 2 Gunung Talang Terhadap Pelajaran Fisika



Oleh : Dr. Dedi Mardiansyah
dan
Tim Dosen Departemen Fisika Universitas Andalas


Kabupaten Solok,Salingkaluak.com,-  Selasa, 28 November 2023, Tim Dosen Departemen Fisika Universitas Andalas melaksanakan Pengabdian Masyarakat ke SMA N 2 Gunung Talang Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Pengabdian ini bertujuan untuk Meningkatkan Minat Siswa Kelas X SMA N 2 Gunung Talang Terhadap Pelajaran Fisika. 

Kegiatan ini dihadiri oleh Perwakilan Kepala Sekolah, beberapa guru serta siswa-siswi kelas X SMA N 2 Gunung Talang. Dari tim Dosen dihadiri Sekretaris Departemen, dan beberapa tim Dosen Departemen Fisika Universitas Andalas. Kegiatan ini telah terlaksana dengan sukses. Kegiatan ini di awali dengan acara pembukaan secara resmi, lalu dilanjutkan dengan penyampaian materi dan demonstrasi praktikum Fisika.


Salah satu mata pelajaran yang sering dianggap sulit oleh siswa di sekolah adalah Fisika. Tidak hanya siswa, tetapi pandangan ini juga diterima oleh masyarakat umum. Hasil wawancara dengan beberapa siswa menunjukkan bahwa Fisika dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit dan bahkan cenderung dihindari. Pendapat ini diperkuat oleh beberapa penelitian yang menemukan bahwa Fisika sulit dan kurang disukai oleh siswa, terutama di tingkat SMA. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika prestasi belajar Fisika siswa masih kurang memuaskan.

Berdasarkan pandangan siswa dan data hasil belajar sebelumnya, perlu dipertimbangkan untuk mengevaluasi hambatan yang dihadapi siswa dalam memahami Fisika. Evaluasi ini menjadi penting karena informasi tentang kendala yang dihadapi oleh siswa dapat membimbing pengajar Fisika dalam upaya meningkatkan kualitas hasil belajar siswa.

Fisika dianggap sebagai cabang ilmu alam yang penting untuk diajarkan, karena berperan dalam mengembangkan kemampuan berpikir untuk mengatasi berbagai permasalahan sehari-hari. Melalui penguasaan Fisika, siswa dapat memperoleh pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan yang diperlukan untuk melangkah ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan berkontribusi dalam pengembangan ilmu dan teknologi. Pendidikan dianggap sebagai kunci untuk kemajuan dan pengembangan yang dapat mengaktifkan potensi masyarakat.

Meskipun demikian, minat siswa dalam mempelajari Fisika semakin menurun, terlihat dari sedikitnya siswa yang tertarik mengikuti kompetisi di bidang Fisika. Fisika dianggap sulit dan membosankan, terutama karena keterkaitannya dengan rumus-rumus. Oleh karena itu, diperlukan metode pengajaran yang bervariasi, seperti demonstrasi praktikum Ilmu Fisika, untuk meningkatkan minat siswa terhadap mata pelajaran ini.

Dr. Dedi Mardiansyah, ketua Tim Pengabdian, berharap agar minat siswa kelas X SMAN 2 Gunung Talang terhadap Fisika meningkat. Kegiatan ini diharapkan juga dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan kemampuan berpikir kritis siswa, memberikan pengalaman baru terkait konsep dan penerapan ilmu fisika dalam kehidupan sehari-hari, serta memperkuat pemahaman bahwa ilmu fisika adalah dasar yang sangat penting dalam kemajuan teknologi saat ini.

              
Terima kasih kepada tim panita yaitu: dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa. Kepada Mitra : Kepala Sekolah, para guru di SMA N 2 Gunung Talang. Kegiatan pengabdian ini didukung dari Dana PN-UNAND FMIPA Universitas Andalas sesuai dengan Kontrak Pengabdian Masyarakat Batch II Nomor: 08/UN.16.03.D/PP/FMIPA/2023 T.A. 2023.
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar