-->
7jV8Go9rTqyfOqOLD0Rj3Gn1IrJt9wpFwJEk2sYv

Pasca Longsor TPA Regional Payakumbuh, Sampah Menumpuk Dimana Mana

Payakumbuh,-Ditutupnya TPA Regional Payakumbuh sangat berdampak terhadap pembuangan sampah di daerah ini. Sepanjang jalan utama di Kota Payakumbuh terlihat tumpukan sampah menggunung. 

Hal ini terjadi pasca ditutupnya TPA Regional payakumbuh yang berada di Padang karambia kecamatan Payakumbuh Selatan usai tempat penampungan sampah tersebut rusak parah karena longsor pada Rabu 20/12/23 lalu. 

Akibat longsornya TPA regional tersebut lahan warga disekitar lokasi tertimbun sampah. PJ Wako Payakumbuh pada tanggal 21/12/23 langsung mengeluarkan pemberitahuan untuk penutupan TPA tersebut sampai batas waktu yang belum ditentukan. 

Sampai berita ini diturunkan sudah lebih satu minggu dari kejadian bencana longsor di TPA regional Kota Payakumbuh terlihat sampah menumpuk di pinggir jalan tempat masyarakat biasanya meletakan sampah sebelum dibawa oleh petugas kebersihan. 

Sepertinya kejadian sekarang ini menjadikan PR sendiri untuk Pemerintah Kota Payakumbuh untuk bertindak cepat mengatasi permasalahan sampah yang semakin hari semakin banyak menumpuk di jalan dan pemukiman masyarakat. 

Sudah banyak sampah berserakan di beberapa tempat di Kota Payakumbuh, diantaranya di dekat pasar ibuah, dekat PO Ayah ibuah, Jalan pacuan dekat gelanggang pacuan kuda, jalan utama di Koto Nan 4. Setidaknya dari pantauan media dilapangan ada puluhan titik sampah yang teronggok di Kota Payakumbuh.

Masyarakat meminta agar Pemko Payakumbuh dapat memberikan mereka solusi terkait sampah ini, selama TPA tidak dapat difungsikan sementara.

Untuk diketahui Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional Payakumbuh merupakan tempat pembuangan dari 4 Kabupaten Kota yaitu Payakumbuh, Bukittinggi, Kabupaten Agam bagian timur, dan Kabupaten Limapuluh Kota.

Pj Walikota Payakumbuh Jasman Rizal dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Payakumbuh Desmon Karina sampai saat berita ini diterbitkan belum memberikan tanggapan terkait TPA ini.

Sebelumnya sudah ada himbauan dari Pj Walikota Payakumbuh agar masyarakat dapat mengelola sampah mereka sementara ini dengan mandiri. 

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar