-->
7jV8Go9rTqyfOqOLD0Rj3Gn1IrJt9wpFwJEk2sYv

BWI Padang Panjang Gelar Seminar Nasional


Padang Panjang,_Sebagai tindak lanjut program Badan Wakaf Indonesia (BWI) perwakilan Kota Padang Panjang Tahun 2023, dilaksanakan Seminar Nasional dengan tema "Era Baru Perwakafan di Indonesia", Senin (25/09/2023).

Dilaksanakan di Aula Lantai III Balaikota Padang Panjang, dihadiri oleh seluruh unsur Forkompinda, Camat dan lurah, unsur Pendidikan, pimpinan Ormas dan tokoh masyarakat di Kota Padang Panjang.

Ketua BWI perwakilan Kota Padang Panjang Jupagni dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini juga untuk meningkatkan literasi perwakafan di Kota Padang Panjang Serambi Mekkah.

"Mengusung motto lebih dekat dengan Wakaf Tunai (Cash Wakaf) sebagai ibadah Tabarru'," ujarnya.

"Mendatangkan pemateri dari BWI Pusat, Kanwil Kemenag Provinsi Sumbar dan dari Pemerintah Daerah Provinsi, serta Pemko Padang Panjang yang ahli di bidangnya," ulasnya.

Sementara itu mewakili Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat, Kakankemenag Kota Padang Panjang H. Alizar Datuak Sindo Nan Tongga dalam sambutannya menyampaikan bahwa permasalahan perwakafan tidak terlepas dari kajian Islam.

"Totalitas pembahasan perwakafan di Kota Padang Panjang, tentu tak terlepas dari julukan Kota Serambi Mekkah," ujarnya.

"Potensi wakaf di Padang Panjang, dapat melebihi potensi zakat," ulasnya.

"Untuk pengelolaan zakat saja kita bisa menjadi pilot projek, tentunya wakaf pun bisa kita kelola dengan baik," jelasnya.

Dibuka secara resmi oleh Walikota Padang Panjang yang diwakili Sekdako Sonny Budaya Putra, dalam sambutannya menyampaikan bahwa dari Seminar Nasional ini menambah literasi perwakafan di Kota Padang Panjang.

"Ternyata terkait perwakafan itu sangat luas, maka perlu disosialisasikan dan diseminarkan," ujarnya.

"Pemerintah Daerah Kota Padang Panjang menyambut positif kegiatan ini, sebagai persiapan menjadikan Kota Serambi Mekkah sebagai Kota Wakaf pertama di Sumatera Barat," harapnya.

"Mari kita kelola sebaik mungkin untuk kedepannya, sehingga bermanfaat bagi ummat," pungkasnya.

Setelah dibuka secara resmi, dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Narasumber.

Adapun Narasumber dalam kegiatan ini Prof. Dr. H. Nurul Huda putra kelahiran Solok Sumani (Sumando Pandai Sikek) dari BWI Pusat, Dr. Muslimah Hikam dari Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat, beserta Narasumber dari Pemda Provinsi dan Pemko Padang Panjang. (Adi)

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar

Donny Magek Piliang

Donny Magek Piliang

Yopi Tersa

Yopi Tersa