Search

Kemenag Gelar FGD Bersama Karu dan Karom JCH Kota Padang Panjang

Padang Panjang,_Dua pekan jelang keberangkatan, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang H. Alizar Datuak Sindo Nan Tongga didampingi Kasi PHU Editiawarman beserta JFU PHU, memimpin Focus Group Discussion (FGD) bersama Kepala regu dan Kepala rombongan (Karu dan Karom) Jama'ah Calon Haji (JCH) Kota Padang Panjang, Kamis (25/05/2023).

FGD digelar di Teras Kartini Cafe and Resto Padang Panjang, dihadiri 13 orang Karu dan Karom beserta pihak terkait.

Kakankemenag menyampaikan bahwa perlunya untuk menciptakan program kerja, menyamakan persepsi, visi dan misi terkait pelaksanaan ibadah haji nantinya, khususnya untuk JCH Kota Padang Panjang.

"Sebenarnya telah banyak panitia penyelenggara ibadah haji (PPIH), yang diamanahkan sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing, baik di Tanah Air maupun di Tanah Suci," ujarnya.

"Namun dilapangkan nantinya, tentu akan ada saja persoalan, makanya perlu juga koordinasi bersama semua pihak untuk mewujudkan kemaslahatan kita semua," ulasnya.

"Selalu jalin kerjasama, komunikasi dan koordinasi dengan semua pihak, baik itu kejamaah maupun kepetugas terkait," jelasnya lagi.

"Ada Ketua Kelompok terbang (ketua kloter), Ketua regu (Karu), serta Ketua rombongan (Karom), kesemuanya dibentuk untuk mempermudah urusan Jama'ah dilapangkan nantinya sebagai bentuk antisipasi," pungkasnya.

Sementara itu Kasi PHU Kakankemenag Kota Padang Panjang, Editiawarman menambahkan mengingatkan ketika bepergian ditanah suci nantinya, jangan pergi sendiri-sendiri, tapi selalulah bersama regu atau rombongan.

"Apabila terjadi permasalahan, Karu dan karom hendaklah kooperatif, serta sampaikan segala kendala dilapangan kepada petugas secara terstruktur, sistematis dan masif, (bajanjang naik batanggo turun)," ujar Kasi PHU.

"Selalulah tolong-menolong bersama jamaah, mulai dari Tanah Air hingga ke Tanah Suci, semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala memberikan kemudahan kepada kita semua, sehingga nantinya diperoleh Haji Mabru,” sambungnya.

Setelah pemaparan oleh Kakankemenag dan Kasi PHU dipandu JFU PHU Gangga Desiawati, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab (diskusi) bersama Karu dan Karom JCH Kota Padang Panjang. (Adi)