Search

RSUD Padang Pariaman Terima Mahasiswa Resendensi Prodi S2 Keperawatan Unand

Penulis: Ns. Dewi Murni, M.Kep

Dosen Keperwatan Universitas Andalas.

 

Disela Kesibukan teman-teman sejawat dalam persiapan Akreditasi Rumah sakit, dengan lapang hati teman-teman menyambut kedatangan mahasiswa Residensi. “Bak pepatah minang, sasampik-sampik nyo Balai…anak rajo lewat juo”. Mahasiswa Residensi dengan basic seorang perawat, akan menggali dan menimba ilmu di RSUD Padang Pariaman.

Rumah sakit adalah Institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perseorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat. 

Pada saat ini, masyarakat bukan hanya menuntut pada kebutuhan untuk hidup sehat tapi, masyarakat juga semakin maju dalam memberikan tanggapan dan tuntutan kepada pelayanan Kesehatan agar mereka mendapatkan pelayanan Kesehatan yang Bermutu. Mutu pelayanan Rumah Sakit tidak terlepas dari input, proses dan output/Outcame. 

Mutu pelayanan kesehatan berkaitan juga dengan Kepuasan pasien dan menjadi salah satu alat ukur keberhasilan kualitas pelayanan Kesehatan. Pelayanan kesehatan di katakan berhasil ketika dapat memberikan kepuasan kepada pasien sedangkan ketidakpuasan merupakan masalah yang perlu diperhatikan untuk memperbaiki mutu pelayanan Kesehatan.

Dalam hal ini Fakultas Keperawatan Memberikan kepercayaan kepada salah satu tim Rumah sakit sebagai pembimbing Klinik atas nama Ns. Candra Deni Mairosa, M.Kep dan Ns. Dewi Murni, M.Kep Sebagai Pembimbing Akademik. Ns. Candra juga sebagai Seorang manajer. Seorang Manajer memiliki power yang kuat, serta siap untuk mengayomi tim. Selama Proses Residensi nanti mahasiswa akan lebih banyak diskusi, branstorming, atau fokus diskusi Group Bersama Teman di ruangan dan Para pimpinan serta manajer, Yang terkait problem dan penyelesaian masalah di Ruangan rawat inap.

Pelaksanaan Serah terima mahasiswa Residensi Berjalan sesuai dengan rencana, dan berjalan secara Hikmat. Pada Proses Serah terima, kita mengunakan ruang pertemuan akreditasi,.teman-teman tim akreditasi siap diganggu aktivitasnya oleh mahasiswa Residensi. 

Setelah pelaksanaan Serah terima mahasiswa akan menyampaikan hasil potret terkait dengan survey pra Residensi dan akan membuat planning terkait agenda-agenda yang sudah disiapkan oleh mahasiswa residensi.

Perjuangan panjang yang sudah dilakakun mahasiswa, tidak lepas dari suport dari ibu Direktur dan jajaran serta para Manajer Rumah Sakit. Sebelumnya kami mengucapkan banyak terima kasih sudah memfasilitasi mahasiswa Residensi.