-->
7jV8Go9rTqyfOqOLD0Rj3Gn1IrJt9wpFwJEk2sYv

Ternyata Bukan Pencitraan, Riza Falepi Begitu Cinta Kepada Kota Payakumbuh

 


Payakumbuh --- Sebuah pemandangan tak lazim tertangkap kamera di kawasan Batang Agam, Kota Payakumbuh, Kamis (2/2).

Ada Mantan Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi yang sedang menanam pohon dan memungut sampah yang berserakan di sana. Padahal, dia bukan lagi kepala daerah tapi masih melakukan kegiatan rutinnya sama seperti saat masih menjabat dahulu.

Usut punya usut, menurut informasi yang diperoleh media dari sumber terpercaya, yang menceritakan kronologi bagaimana seorang mantan kepala daerah masih semangat-semangatnya melakukan penghijauan lingkungan.

"Saat itu Riza sedang bersepeda di Kawasan Batang Agam, Dia melihat pohon yang pernah ditanamnya dulu dalam kondisi batangnya patah-patah. Esoknya Riza datang ke sana dengan membawa pohon pelindung yang baru, Dia beli di rumah bibit, Dia yang langsung menanam sendiri. Bahkan saat Saya lihat Dia beli air mineral sebotol besar, saya pikir buat stok di mobil, ternyata digunakan buat menyiramnya," kata pria yang enggan disebut namanya kepada media.

Sumber juga menyebutkan, ternyata aksi Riza yang gemar melakukan penghijauan memang bukan untuk pencitraan seperti yang disangkakan banyak orang, tapi karena kecintaannya kepada tanah kelahirannya, Kota Payakumbuh.

"Saya terharu menyaksikannya, bahkan saya menyaksikan Riza juga berinisiatif memangkas pohon di Pasar Padang Kaduduak yang merimbun," ungkapnya.

Media kemudian menanyakan kepada narasumber, apa yang melatar belakangi Riza Falepi berbuat begitu untuk Kota Payakumbuh. Dia mengatakan Riza ingin mewariskan sesuatu untuk Kota Payakumbuh, agar generasi berikutnya nanti mendapatkan alam Kota Payakumbuh seperti Singapura.

"Hijau, asri, indah, fresh air, nyaman, dan semakin banyak investasi yang datang agar anak cucu tidak lagi keluar daerah pergi mencari kerja. Orang Payakumbuh harus bisa menjadi tuan rumah di kampang sendiri," ujarnya.

Salahsatu warga yang saat diperlihatkan media perihal foto aksi Riza ini berdecak kagum dan menyampaikan rasa salutnya kepada Riza Falepi.

"Taraso dek awak baa raso hati pak Riza ko, iko kan beliau nan mambuek asri dulu katiko masih jadi wali kota, kini lomak sajo tangan-tangan jahil marusaknyo. Angkek topi wak buek beliau, nampak raso sayangnyo ka kota ko," ungkapnya. (FS)

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar