Search

4 Bakal Cakada Mendaftar Di KPU Limapuluh Kota


Limapuluh Kota,-Selama 3 hari (6 -6 September 2020) waktu diberikan oleh KPU bagi para bakal calon kepala daerah mendaftar di Limapuluh Kota tercatat ada 4 pasang kandidat bakal calon Bupati dan wakil Bupati.

Yakni pasangan Ferizal Ridwan (perorangan), Darman Sahladi-Maskar (koalisi parpol), Muhammad Rahmad-Asyirwan Yunus (koalisi parpol) dan pasangan Safaruddin Dt Bandaro Rajo- Rizki Kurniawan (koalisi parpol).

Baca Juga: Gaek Cabul Serahkan Diri Ke Polisi

Pasangan Ferizal Ridwan-Nurkhalis, merupakan pasangan pertama yang mendaftar ke KPU Limapuluh Kota. Pasangan dengan dukungan 23240 itu, mendaftar pada Jumat (4/9) pagi. Ferizal Ridwan-Nurkhalis merupakan kolaborasi antara Wakil Bupati dengan mantan caleg DPD RI dengan lumbung suara di Kecamatan Lareh Sago Halaban-Kecamatan Mungka.

Pasangan kedua, yakni Darman Sahladi-Maskar Datuak Pobo. Pasangan tersebut, diusung Partai Demokrat-PAN dan Nasdem dengan total dukungan 9 kursi di parlemen. Darman Sahladi merupakan Ketua DPC Demokrat Limapuluh Kota serta anggota DPRD Sumbar 2 periode.

 Sedangkan Maskar Datuak Pobo merupakan mantan Walinagari dan pengusaha bidang properti. Pasangan dengan lumbung suara Kecamatan Kapur IX  dan Kecamatan Luak itu mendaftar pada hari kedua, Sabtu (5/9) pagi. Dihari yang sama, pasangan Muhammad Rahmad-Asyirwan Yunus merupakan pasangan ketiga yang mendaftar ke KPU Limapuluh Kota. Pasangan yang diusung Gerindra-PKB-Hanura, dan didukung PPP dan Partai gelora mendaftar pada Sabtu (5/9) siang dengan total 12 kursi dukungan di DPRD.

Muhammad Rahmad merupakan pengusaha sukses diberbagai sektor, pernah dipercaya untuk menulis naskah pidato kenegaraan Presiden SBY serta mencoba mencalonkan diri sebagai anggota DPD RI Pileg 2014 lalu tetapi belum berhasil terpilih untuk mewakili Sumbar. Putra Guguak tersebut, juga dikenal dengan sejumlah pejabat tinggi negara dan elit-elit politik secara nasional.

Kemudian, pasangan wakilnya, Asyirwan Yunus merupakan mantan Wakil Bupati Limapuluh Kota periode 2010-2015 dan pernah menjadi ketua partai politik di daerah tersebut.

Baca Juga: Diusung 3 Partai Koalisi Safari Mendaftar Ke KPU Limapuluh Kota

Pasangan Safaruddin Datuak Bandaro-Rizki Kurniawan merupakan pasangan terakhir yang mendaftar ke KPU Limapuluh Kota. Pasangan tersebut, diusung oleh Golkar-PPP-PKS dengan 12 dukungan kursi di DPRD. Safaruddin Datuak Bandaro Rajo merupakan anggota DPRD Sumbar, Ketua DPD Golkar Limapuluh Kota dan pernah jadi Ketua DPRD Limapuluh Kota. Sedangkan Rizki Kurniawan adalah pengusaha muda yang bergelut pada biro perjalanan haji dan umrah. Pasangan Safaruddin-Rizki memiliki kantong suara di Bukit Barisan dan Harau. (*)