Headline

random

Raih Juara 2, Dinas LH Serahkan Hadiah Lomba Kelurahan Bersih Dan Hijau Kepada Lurah Baru Ade Vianora, SE


Payakumbuh ---- Kelurahan Koto Tangah menjadi juara terbaik kedua dalam Lomba Kelurahan Bersih dan Hijau yang digelar oleh pemerintah Kota Payakumbuh, penyerahan hadiah sebesar 15 Juta Rupiah secara langsung digelar di Kantor Lurah Koto Tangah, Kecamatan Payakumbuh Barat, Senin (24/12) siang.

Hadir langsung dalam penyerahan hadiah ini Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jhon Kenedi beserta jajarannya, Camat Payakumbuh Barat Nurdal, S.Sos, Lurah Koto Tangah Ade Vianora, SE, Babinkhamtibmas, PKK, LPM, RW dan RT sekelurahan Koto Tangah.

Kadis LH Jhon Kenedi mengatakan dalam rangka menyambut HUT Kota Payakumbuh, Dinas LH melakukan kegiatan Lomba Kelurahan Bersih dan Hijau, Pemko Payakumbuh menginstruksikan kepada seluruh camat pada bulan agustus lalu untuk mengikutsertakan lomba kelurahan-kelurahan yang ada di Kota Payakumbuh.

"Setelah dilakukan penilaian dalam lomba ini, tim penilai yang terdiri dari pakar-pakar hebat dari perguruan tinggi ternama, dan setelah dilakukan penilaian, memang secara nilai Kelurahan Koto Tangah terpaut nol koma sekian persen dengan kelurahan yang meraih juara pertama, yaitu Kelurahan Koto Tuo Limo Kampuang Kecamatan Payakumbuh Selatan, dan di posisi ketiga ada Kelurahan Ikua Koto Dibalai Kecamatan Payakumbuh Utara," ujar JK, panggilan akrab Kadis LH.

Pemenang dalam lomba ini mendapatkan hadiah uang tunai sebesar 20 Juta Rupiah untuk juara pertama, 15 Juta Rupiah untuk juara kedua, dan 10 Juta Rupiah untuk juara ketiga. Selain itu akan ada lomba lanjutan yang akan diikuti oleh kelurahan-kelurahan berprestasi ini.

"Lomba kebersihan kelurahan ini dilakukan secara beruntun, ditingkat Provinsi ada yang namanya Gerakan Sumbar Bersih. Pada tahun 2019 kita akan ikutkan kelurahan yang menang ditingkat Kota Payakumbuh untuk maju ketingkat provinsi. Dalam penilaian Adipura, kelurahan yang menang juga akan menjadi titik pantau penilaian," tambahnya.

Diujung sambutannya, JK menyebutkan Dinas LH selalu mencari inovasi bagaimana setiap kelurahan di Kota Payakumbuh mampu untuk mengelola sampahnya, dimana setiap sampah yang ada di kelurahan-kelurahan bisa diolah menjadi barang berdaya guna di masyarakat.

Lurah Koto Tangah yang baru 2 bulan menjabat Ade Vianora, SE yang juga merupakan Ketua Karang Kota Payakumbuh mengapresisasi kepada Dinas Lingkungan Hidup Kota Payakumbuh, yang sudah melaksanakan lomba yang dinilai mampu menciptakan kesadaran ditengah warga untuk menjaga kebersihan lingkungannya tanpa embel-embel dalam rangka ikut lomba.

"Artinya penilaian ini murni menurut kondisi yang ada ditengah-tengah masyarakat, waktu penilaian tidak diumumkan kapan tim penilai datang kekekelurahan, dan tampaklah kondisi kebersihan kelurahan seperti hari-hari biasa," ujar Ade.

Dengan prestasi ini, Lurah Ade Vianora berharap kedepannya masyarakat Koto Tangah bisa mendapatkan bantuan becak motor agar lebih terjangkaunya pemungutan sampah dan kegiatan K3 keseluruh rumah warga di kelurahan Koto Tangah.

"Terimakasih kepada PKK, LPM, Karang Taruna dan masyarakat Koto Tangah yang telah berprilaku hidup bersih dan sehat," pungkasnya. (rel/FS)
Raih Juara 2, Dinas LH Serahkan Hadiah Lomba Kelurahan Bersih Dan Hijau Kepada Lurah Baru Ade Vianora, SE Reviewed by salingka luak on Desember 25, 2018 Rating: 5
All Rights Reserved by SalingkaLuak © 2018 - 2019
Powered By Blogger, Supported by Berita Sumbar dan Medianers

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.