Search

Seni Kreasi Ponpes Nurul Huda Meriahkan Opening Hari Santri

Agam,-Grand Opening Hari Santri Nasional tingkat Provinsi Sumatera Barat, dimeriahkan oleh kesenian kreasi dari Pondok Pesantren Nurul Huda, Kecamatan Lubuk Basung.

Grand Opening Hari Santri Nasional ini  dipusatkan di Madrasah Tarbiyah Islamiyyah (MTI) Canduang, Kamis, (18/10).

Kesenian kreasi ditampilkan seperti tambua tansa, tari piring, talempong dan pupuik, yang membuat tamu undangan terpukau dengan lantunan musik kesenian tradisional Minangkabau tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Sekab.Agam, Martias Wanto Dt Maruhun hadir dalam acara itu mengapresiasi kesenian kreasi yang ditampilkan santriwan/wati Ponpes Nurul Huda Lubuk Basung, dalam memeriahkan Grand Opening Hari Santri Nasional tingkat Sumbar, di MTI Canduang.

"Ini membuktikan bahwa selain bisa pelajaran agama Islam, santriwan/wati Agam juga menguasai ilmu bidang kesenian," ujarnya.

Dikatakan, sebetulnya ini yang diharapkan Pemkab.Agam, selain melestarikan dan mengembangkan ajaran agama Islam pada generasi, juga didukung dengan adat dan budaya, karena keduanya miliki kaitan yang erat.

" Filosofi Minangkabau menyatakan bahwa, adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah (ABS-SBK)," ujarnya pula.

Ia juga mrngungkapkan, pendidikan keagamaan dan adat budaya ini merupakan salah satu indikator yang dimuat dalam gerakan Nagari Madani yang dicanangkan tahun lalu. 
(fadil)

Telah tayang di: BeritaSumbar.com