Salingka News

random

Pacu Jawi Ditahun Politik





Salingkaluak.com- Pacu jawi di Luak Limopuluah khususnya di Nagari nagari sekitaran Payakumbuh utara,timur dan kecamatan Harau sudah menjadi tradisi tiap musim panen tiba.

Sebelum ,masa cocok tanam mulai, alek pacu jawi diadakan. dan di gilir di tiap nagari yang selalu ikut ambil bagian dalam lomba balapan sapi ini.

Lomba sapi berlari ini disediakan panitia berbagai hadiah. Umumnya hadiah berasal dari sumbangan para sponsor. Ditahun politik saat sekarang ini kebanyakan sumbangan hadiah maupun pembiayaan acara dari para calon anggota legislatif,baik tingkat dua bahkan caleg DPR RI dari daerah ini.

Seperti yang di video diatas adalah pacu kelas utama yang dilapangan pacu jawi di sebut pacu boko. Yang mana hadiahnya seekor kambing bagi pemilik sapi yang keluar sebagai juara. Hadiah apcu boko tersebut berasal dari sumbangan Harmen salah seorang caleg dari Payolinyam lokasi acara digelar.

Pacu tersebut digelar di payolinyam kelurahan Tigo Koto Dibaruah payakumbuh utara pada Selasa 30/10

Sehingga tidak heran di setiap lokasi pacu jawi akan diramiakan umbul umbul atau baliho para kandidat terpasang. Mereka memanfaatkan keramaian alek nagari ini untuk sosialisasi kepada masyarakat pemilih.

Melihat pacu jawi ini kombinasi antara pertanian dan peternakan, alangkah baiknya kedepan pemerintah daerah turun melalui OPD terkait. Karena kegiatan ini bisa menjadi ajang sosialisasi teknologi pertanian maupun peternakan. Tidak hanya bidang pariwisata saja karena ada seni budayanya yang mampu mengundang wisatawan baik lokal maupun manca negara.(*)


Pacu Jawi Ditahun Politik Reviewed by salingka luak on Oktober 30, 2018 Rating: 5
All Rights Reserved by Salingka Luak © 2018 - 2019
Powered By Blogger, Supported by Berita Sumbar dan Medianers

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.