Salingka News

random

Kanwil Kemenag Sumbar melaunching Kampung Santri

Agam,- Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat, Khardinal N dan Sekretaris Daerah Agam, Martias Wanto Dt Maruhun, melaunching kampung santri, di Madrasah Tarbiyah Islamiyyah (MTI) Candaung, Kabupaten Agam, Kamis (18/10).

Kampung santri dilanching dalam rangkaian Grand Opening Hari Santri, yang ditandai dengan pemukulan gendang oleh Khardinal dan Martias Wanto, disaksikan Kepala Kemenag se-Sumbar, pimpinan Pondok Pesantren se-Sumbar dan tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan itu, Sekab. Agam, Martias Wanto menyebutkan, bahwa tidak salah lagi jika Kanwil Kemenag Sumbar memilih Agam, tepatnya di Kecamatan Canduang sebagai tempat launching kampung santri, karena Agam memiliki jumlah pondok pesantren yang terbesar di Sumatera Barat.

"Saat ini kita memiliki 33 unit pondok pesantren dan canduang miliki pondok pesantren terbanyak di Agam," ujarnya.

Dengan dilaunchingnya kampung santri, diharapkan kegiatan kesantrian menyebar di tangah masyarakat, pada akhirnya nilai kesantrian dapat dimiliki masyarakat, sehingga mereka saling berbaur untuk mensyiarkan agama Islam.

Disebutkan, Kecamatan Canduang terdiri beberapa pondok pesantren, santrinya tidak hanya berada di ponpes saja, tetapi mereka juga mempunyai aktifitas diluar pondok seperti, jadi imam, khatib dan penceramah yang aktif di tengah masyarakat serta lainnya.

"Programnya bergabung dengan masyarakat, nilai ini lah yang dapat dicontoh masyarakat dalam rangka melaksanakan kehidupan adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah (ABS-SBK), yang dapat dipakai menuju masyarakat madani di Agam," ujarnya.

Dilain sisi, Kabid Pembinaan Agam dan Keagamaan Islam, Kanwil Kemenang Sumbar, Khardinal N menyebutkan, kampung santri bertujuan agar keberadaan ponpes betul-betul dirasakan di tengah masyarakat, sehingga santrinya dapat membaur dengan masyarakat.

"Kampung santri diharapkan dapat memperkokoh ukhuwah Islamiyah serta meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, sehingga shalat berjamaah lima waktu sehari semalam semakin ramai di Kabupaten Agam," ujarnya. (fadil)

telah terbit juga di: BeritaSumbar.com
Kanwil Kemenag Sumbar melaunching Kampung Santri Reviewed by salingka luak on Oktober 18, 2018 Rating: 5
All Rights Reserved by Salingka Luak © 2018 - 2019
Powered By Blogger, Supported by Berita Sumbar dan Medianers

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.