Salingka News

random

Simpang Sugiran Kampung KB

Limapuluh Kota,-Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi bersama Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluaraga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKB-P3A), Yenni Elvi mencanangkan kampung Keluarga Berencana (KB), di Jorong Boncah, Kenagarian Simpang Sugiran, Kecamatan Guguak, Kamis (21/12).

Dalam peresmian kampung KB tersebut ikut Hadir, Camat Guguak,Fidria Falla, Wali Nagari se-kecamatan guguak,  kepala jorong se Kecamatan Guguak, Kepala puskesmas Daguang-daguang, Ketua Bamus Simpang Sugiran, sejumlah perwakilan OPD Limapuluh Kota, tokoh masyarakat, Niniak mamak dan undangan lainnya. 

Dalam sambutannya, Bupati Irfendi Arbi mengatakan sangat menyambut baik program perencanaan Keluarga Berencana ini di Kabupaten Limapuluh Kota. Menurutnya, selama ini pencanangan kampung KB sudah terlaksana dengan baik di kabupaten itu. 

"Program kampung KB ini sudah berjalan dibeberapa daerah di Kabupaten kita dan sudah berjalan dengan baik. Program dua anak cukup ini akan menjadi acuan bahwa sudah berjalannya didaerah kita satu pasangan keluarga hanya memiliki dua orang anak"ujar Bupati.

Dijelaskan Bupati, masyarakat juga harus memahami program dari Kampung KB ini, kerena Kampung KB tidak semata sekedar perencanaan memiliki keturunan saja, jauh dari itu Keluarga Berencana juga merupakan program untuk generasi-generasi berencana.  

"Banyak program-program Keluarga berencana yang mesti kita canangkan, termasuk perhatian kepada generasi muda, dan program perencanaan dalam berkeluarga, seperti merencanakan pendidikan, karir, pernikahan, dan merencanakan memiliki keturunan," jelas Bupati.

Terakhir bupati menyampaikan, dengan diresmikannya kampung KB di nagari Simpang Sugiran ini,  dapat menjadikan seluruh golongan masyarakat untuk benar-benar berniat dan melakukan program ini dengan sebaik-baiknya. "Saya menghimbau seluruh masyarakat yang hadir  untuk mengajak masyarakat lainnya bergabung dalam mewujudkan program ini di nagari Simpang Sugiran dan Kecamatan Guguak. Saya yakin, jika masyarakat bersatu kabupaten Limapuluh Kota akan lebih maju" Pungkas Bupati.

Sementara itu Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluaraga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKB-P3A), Yenni Elvi mengatakan tujuan dibentuknya Kampung KB ini untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat nagari dan jorong melalui program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga yang sistemik dan sistematis.

"Kampung KB merupakan salah satu program pemerintah dalam upaya penguatan program KKBPK yang dikelola dan diselenggarakan dari oleh dan untuk masyarakat dalam memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memperoleh pelayanan," ujarnya.

Menurutnya program KB ini adalah sebagai upaya mewujudkan keluarga yang berkualitas serta dalam rangka membangun Kabupaten Limapuluh Kota yang lebih baik lagi.

"Semoga dengan adanya Kampung KB ini dapat memberikan manfaat bagi warga nagari Simpang Sugiran dan pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kampung KB menjadikan Kabupaten kita lebih baik lagi,” Pungkas Yenni
Simpang Sugiran Kampung KB Reviewed by zal ambo on Desember 13, 2017 Rating: 5
All Rights Reserved by Salingka Luak © 2018 - 2019
Powered By Blogger, Supported by Berita Sumbar dan Medianers

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.